Awas Kejang Demam Pada Anak !

Pernahkah anda sebagai Orang Tua menghadapi situasi ini ?, Situasi dimana anak kesayangan anda tiba-tiba mengalami kejang setelah menderita demam dengan suhu yang cukup tinggi

Jika pernah maka anda sedang menghadapi masalah klinis yang dikenal dengan nama Kejang Demam.Kejang Demam ini biasa menyerang pada anak Balita (Bawah Lima Tahun) dengan riwayat keluarga baik kakak atau ayah dan ibu yang saat masa Balita pernah juga mengalaminya. Penyebab awal dari kejadian ini adalah adanya serangan infeksi virus yang mengakibatkan anak berada dalam kondisi demam tinggi dan akhirnya menghasilkan kejang. Peradangan amandel, infeksi telinga dan gigi juga bisa menjadi penyebab kasus ini.Jika ini tejadi berulang kali selama masa anak berusia Balita, maka dapat menghasilkan gejala sisa berupa gangguan kemampuan otak anak seperti dibawah ini:

  • Penurunan IQ. Penelitian yang diterbitkan pada jurnal Neurologi memberikan informasi bahwa adanya hubungan yang sangat jelas dari kejadian kejang demam yang tidak diatasi dengan cepat dengan kemampuan anak dalam Intelegensinya.
  • Rendahnya Kemampuan Daya Ingat. Diketahui bahwa saat terjadi kejang demam maka disaat yang bersamaan bagian temporal otak yang bertanggung jawab terhadap daya ingat anak juga akan terganggu. Memori yang akan hilang berupa daya ingat kejadian yang baru saja berlalu. Tentunya ini akan menganggu si anak dalam proses pendidikan kedepannya.
  • Kesulitan Berbicara. Sekitar 5% dari anak yang sering mengalami kejang demam dan tidak diatasi dengan cepat maka akan menghasilkan kemampuan berbicara yang tidak optimal. Anak biasanya akan kesulitan untuk mengungkapkan kata-kata yang bisa diucapkan oleh anak normal lainnya.

Dengan begitu besarnya dampak dari kejang demam berulang maka pencegahan akan lebih bermanfaat jika dibandingkan dengan pengobatan disaat kejang demam sudah terjadi. Untuk itu Orang Tua dan Keluarga diharapkan melakukan pemantauan suhu tubuh secara terus menerus pada anak yang sedang terserang demam. Jika diketahui suhu ketiak sempat menyentuh 39 derajat celcius maka segeralah ke dokter untuk mendapatkan pertolongan, jangan anak dibiarkan terlalu lama pada suhu panas tinggi tersebut yang dapat menghasilkan kejadian kejang. Didalam perjalanan ke Dokter perhatikan pakaian si anak, berikan baju yang memudahkan tubuh untuk mengeluarkan panas dan kompres anak dengan air hangat untuk membantu proses penguapan. Pemberian Paracetamol dengan dosis yang sesuai bagi anak sangat dianjurkan untuk membantu mengendalikan demam si anak.

Gambar Artkel Kulit Putih


Cara Sehat Untuk kulit Sehat Mempesona


Semua ladies pasti menginginkan kulit yang cantik, karena bukan hanya kulit ini sebagai pelindung tubuh paling luar, tetapi kulit ini merupakan tampilan kita yang akan diperhatikan oleh orang sekitar.

PUASA RAMADHAN


Hampir semua orang kini tahu dan pernah mencoba proses yang dikenal dengan puasa. Kondisi dimana seseorang menahan lapar dan haus dalam periode waktu tertentu ternyata tidak hanya dikenal oleh umat muslim saja.


TIPS PEREGANGAN


Peregangan pinggang bawah dan pinggul. Ini dapat dilakukan dengan cara tidur telentang dan menekuk lutut keatas. Arahkan paha dan lutut kearah kanan dan kiri, lakukan gerakan ini berulang sebanyak 10 kali dalam satu seri.

Logo Mekar Sari

Rumah Sakit Mekar Sari

PRIMA
Professional, Ramah, Inovatif, Mampu Dan Amanah

© 2019 All Reserved RSMEKARSARI.COM.

Contact Us

  • (021) 881 3787
  • 0812 9758 6679
  • admin@rsmekarsari.com
Our Online Doctor