MANFAAT POSITIF BAGI TUBUH SAAT BERPUASA

Hampir semua orang kini tahu dan pernah mencoba proses yang dikenal dengan puasa. Kondisi dimana seseorang menahan lapar dan haus dalam periode waktu tertentu ternyata tidak hanya dikenal oleh umat muslim saja. Umat beragama lain ternyata juga mengenal bahkan dianjurkan untuk menjalankan puasa.

Didalam Islam kewajiban berpuasa diatur dalam Al-Quran dan juga hadis. Satu bulan penuh berpuasa di bulan Ramadhan menjadi agenda yang dinanti oleh para muslimin. Jika dilihat dari segi Agama maka manfaat menjalankan puasa dengan keikhlasan karena Allah sudah tidak diragukan lagi akan memberikan dampak positif sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dan juga membangun rasa kepekaan sosial terhadap sesama muslim.

Untuk membuat semangat anda dalam berpuasa, dibawah ini merupakan manfaat puasa untuk kesehatan yang sangat beragam:

  • Sarana detoksifikasi, penelitian terakhir menunjukkan bahwa orang yang berpuasa satu bulan penuh di bulan Ramadhan akan memiliki kadar racun atau zat sisa yang tidak bermanfaat didalam tubuh jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan yang tidak. Ternyata dalam proses berpuasa beberapa organ tubuh bekerja dengan sangat optimal sehingga dapat mengeluarkan zat yang tidak berguna tersebut dari dalam tubuh.

 

  • Puasa yang dilakukan dapat mempertajam fungsi dan kerja otak sipelaku. Saat berpuasa zat neurotopik di otak akan mengalami peningkatan, hal ini akan menyebabkan sel otak berfungsi lebih baik. Ini juga yang menjelaskan banyak orang yang berpuasa merasa daya ingat dan konsentrasinya lebih tajam.

 

  • Menstabilkan kadar kolesterol darah. Seperti diketahui kolesterol didalam darah yang paling utama adalah HDL (High Density Lipoprotein) dan LDL (Low Density Lipoprotein), dengan berpuasa maka tubuh akan mengoptimalkan kedua jenis kolesterol ini agar tidak membahayakan. HDL akan ditingkatkan sedangka LDL akan ditekan sesuai dengan kondisi normal yang dibutuhkan.

 

  • Lebih tahan terhadap Infeksi, orang yang berpuasa memiliki kadar limfosit yang jauh lebih tinggi dari keadaan orang tidak berpuasa. Limfosit ini bertanggung jawab sebagai garda terdepan bagi tubuh dalam menghadapi benda asing dari luar.
  • Optimalisasi organ Ginjal. Dengan berpuasa Ginjal akan bekerja lebih optimal. Ini dikarenakan saat organ tersebut kekurangan air dalam waktu tertentu maka kekuatan osmosis ginjal dapat tercapai.

Demikian sebagian kecil manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh anda, nilai yang dihasilkan akan sangat bermanfaat dan belum lagi jika puasa dilihat dari sudut pandang ibadah dan pahala yang didapat. Melakukan puasa wajib dan sunah secara baik dan benar tentunya akan sangat berguna bagi diri anda dunia dan akhirat.


AWAS KEJANG DEMAM !


Pernahkah anda sebagai Orang Tua menghadapi situasi ini ?, Situasi dimana anak kesayangan anda tiba-tiba mengalami kejang setelah menderita demam dengan suhu yang cukup tinggi.


TIPS PEREGANGAN


Peregangan pinggang bawah dan pinggul. Ini dapat dilakukan dengan cara tidur telentang dan menekuk lutut keatas. Arahkan paha dan lutut kearah kanan dan kiri, lakukan gerakan ini berulang sebanyak 10 kali dalam satu seri.

RITUAL SEHAT PAGI


Untuk meraih hidup sehat itu ternyata tidak perlu upaya yang sukar dilakukan. Kunci dalam meraihnya adalah keteraturan dalam hidup dan konsisten dalam menjalani apa yang diyakini dapat menjaga status kesehatan tubuh yang anda miliki.

Logo Mekar Sari

Rumah Sakit Mekar Sari

PRIMA
Professional, Ramah, Inovatif, Mampu Dan Amanah

© 2019 All Reserved RSMEKARSARI.COM.

Contact Us

  • (021) 881 3787
  • 0812 9758 6679
  • admin@rsmekarsari.com
Our Online Doctor