RS Mekar Sari

PENTINGNYA ASI EKSKLUSIF

Sangat tepat jika Pemerintah Indonesia melalui Departemen Kesehatan tiada hentinya berupaya untuk mensukseskan gerakan pemberian ASI secara eksklusif. ASI eksklusif sendiri merupakan gerakan dimana sang ibu wajib memberikan air susunya sedini mungkin bagi bayi kesayangan. Untuk menjalani program ASI eksklusif ini maka prinsip Jangka waktu 6 bulan harus dipenuhi bagi ibu yang wajib hanya memberikan ASI sebagai asupan nutrisi bagi sang bayi tanpa asupan lainnya. Pemberian ASI eksklusif bertujuan untuk meningkatkan kercedasan otak dan kesehatan anak anda, jika dilakukan dengan benar maka imunitas atau daya tahan tubuh yang dimiliki akan lebih baik jika dibandingkan dengan anak yang tidak diberikan ASI secara eksklusif. Ini disebabkan karena pada pemberian sedini mungkin, zat pada ASI saat awal dikeluarkan yaitu Colostrum sangat banyak dihasilkan. Colostrum sendiri memiliki antibodi yang sangat bermanfaat bagi bayi dalam menjaganya dari serangan berbagai macam penyebab infeksi. Selain colostrum yang dihasilkan persis setelah ibu melahirkan, Air Susu Ibu juga mengandung nutrisi penting lainnya bagi bayi seperti dibawah ini:

  • Protein pada ASI diketahui memiliki dua buah jenis protein yang mana campuran dari komposisinya mendukung optimalisasi proses pencernaan dan penyerapan makanan. Bahkan kandungan protein spesifik seperti Laktoferin dapat menghambat tumbuhnya bakteri yang sering menyebabkan masalah pada saluran pencernaan sang bayi.
  • Jumlah Vitamin yang terkandung didalamnya juga tidak sedikit. Vitamin A, D, E dan K yang bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan bayi terkandung dalam jumlah yang sangat mencukupi untuk kebutuhan bayi.
  • Eksklusif selama 6 bulan jangan membuat anda khawatir bayi menjadi kelaparan. Air Susu Ibu memiliki jumlah yang mencukupi bagi kecukupan karbohidrat yang dibutuhkan sang bayi. Luar biasanya karbohidrat dalam bentuk laktosa terkandung sebanyak 40% dari total kalori yang ada pada ASI. Laktosa ini dapat menurunkan jumlah bakteri yang tidak menguntungkan sehingga penyerapan nutrisi dapat berjalan lebih baik. Ini juga salah satu hal yang membuat ASI sangat baik untuk pencernaan bayi jika dibandingkan dengan susu pabrikan dengan jumlah laktosa yang rendah. 

RS Mekarsari http://rsmekarsari.com/jadwal-dokter/ sangat mendukung dan sudah menjalani program ASI eksklusif ini agar sukses sesuai target pemerintah pusat dan daerah, dan percayalah dampak yang akan dihasilkan adalah meningkatnya angka kesehatan anak di Indonesia dan anak anda pada khususnya. Konsultasi lanjutan terkait ASI dapat menghubungi spesialis anak kami di RS Mekar Sari. www.rsmekarsari.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *