RS Mekar Sari

SEGALA HAL TENTANG KOLESTEROL

kolesterol

Pernah melakukan cek kolesterol ?, tentu ada yang pernah, namun masalahnya sekarang apa anda mengerti mengenai hasil yang ditampilkan oleh pihak Lab tersebut ?, bahkan jangan-jangan anda sendiri belum begitu mengetahui apa itu kolesterol, berapa nilai normalnya didalam tubuh, dan apa saja yang terkandung didalamnya serta bahaya yang dapat ditimbulkannya. Untuk menjawab itu semua maka perhatikan poin penting dibawah ini yang akan memberikan pencerahan bagi anda dalam menghadapi zat yang dinamakan kolesterol:

  • Kolesterol adalah lemak yang terdapat didalam darah dan sel tubuh manusia. Tubuh sendiri memiliki kemampuan untuk menciptakan kolesterol secara alami, namun sumber utamanya tentunya didapat dari makanan. Untuk bekerja, kolesterol harus berikatan dengan zat pengangkut lainnya. Dia bersifat sangat dibutuhkan bagi tubuh dalam jumlah normal, namun akan sangat membahayakan jika kadarnya melebihi ambang batas normal.
  • Kadar Kolesterol anda dapat diketahui dengan cara melakukan tes darah di lab terdekat yang menyediakan layanan tersebut. Setelah menerima hasilnya maka yang harus anda perhatikan adalah angka satuan dari kolesterol total anda. Jika berada dibawah 200 mg/dl berarti menurut WHO anda masuk kedalam batas normal, sedangkan 200 mg/dl – 239 mg/dl merupakan ambang batas yang masih diperbolehkan. Jika angka kolesterol anda melebihi 240 mg/dl maka ini menandakan area berbahaya bagi anda. Karena dengan meningkatnya angka kolesterol dapat dipastikan resiko serangan jantung dan stroke juga meningkat bagi anda.
  • Di dalam darah, bentuk kolesterol akan ditemukan dengan nama HDL Kolesterol, LDL Kolesterol dan Trigliserida. Selain melihat nilai total kolesterol, yang paling penting bagi anda adalah memperhatikan ketiga zat ini. Orang normal dengan kondisi tubuh prima dan sehat diharapkan memiliki kadar Trigliserida dibawah 150 mg/dl, LDL Kolesterol dibawah 100 mg/dl dan HDL Kolesterol harus lebih tinggi dari 40 mg/dl bagi wanita dan 50 mg/dl untuk pria.
  • Bahaya yang ditimbulkan jika kadar kolesterol didalam darah tinggi dan tak terkontrol sangatlah banyak. Sebut saja 2 penyakit yang masih menjadi sebab utama kematian mendadak di Indonesia. Ya benar, Penyakit Jantung Koroner dan Stroke atau pecahnya pembuluh darah di otak sangat erat kaitannya dengan tingginya kadar kolesterol didalam darah.

Bagi para pembaca setia, inforsmekarsari kami mengharapkan untuk anda agar mengetahui hal-hal penting terkait kesehatan anda ini. Lakukan cek berkala pada tubuh untuk mendapatkan informasi terkini keadaan kondisi kesehatan anda. Hal seperti ini jika diketahui dengan cepat dan dapat dikendalikan maka Kolesterol tidak akan membuat hidup anda sengsara. Kontak spesialis kami untuk info lebih lanjut. www.rsmekarsari.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *