Dokter THT Bekasi

Dokter THT Bekasi

Dokter THT Bekasi

Dokter THT Bekasi – Dalam bidang kedokteran, sering dikenal dengan istilah dokter spesialis organ atau penyakit tertentu. Salah satunya dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorok atau dokter THT. Dalam istilah internasional dokter THT disebut sebagai otolaryngologist. THT menjadi bidang kedokteran khusus sejak abad 19, karena para dokter menemukan fakta telinga, hidung dan tenggorok punya saluran yang berhubungan satu sama lain.

Hasilnya para dokter ini membuat alat khusus untuk melihat lebih dekat area tersebut dan mencari cara untuk mengatasi masalah di organ telinga, hidung dan tenggorokan

Pengenalan Otolaringologi

Dokter THT Bekasi
Dokter THT Bekasi

Otolaringologi adalah cabang ilmu kedokteran yang melakukan diagnosis dan pengobatan penyakit telinga, hidung, tenggorok, serta kepala dan leher. Di Indonesia, cabang kedokteran ini lebih dikenal dengan nama ilmu telinga, hidung, tenggorok, bedah kepala, leher atau T.H.T.K.L. Orang yang menjadi dokter T.H.T.K.L. akan mendapat gelar Sp.T.H.T.K.L.

Otolaringologi terdiri dari beberapa cabang yaitu:
  • Otologi: ilmu yang mempelajari tentang telinga dan kelainan serta operasi mikro telinga.
  • Rinologi: ilmu tentang hidung dan sinus paranasal sehingga saat ini sering juga disebut rinologi dan sinusologi
  • Laringofaringologi: ilmu tentang tenggorok
  • Onkologi Bedah Kepala Leher: Subbagian yang menangani tumor di THT Kepala dan leher
  • Neurotologi
  • Bronkoesofagologi
  • Plastik Rekonstruksi
  • Alergi Imunologi
  • THT-Komunitas

Beberapa penyakit yang sering ditangani oleh Dokter THT yaitu:

  • Tonsilitis
  • Tumor nasofaring
  • Tumor laring (pita suara)
  • Tumor sinus dan hidung
  • Tumor lidah
  • Tumor parotis
  • Tumor tonsil
  • Otitis media/congek
  • Sinusitis
  • Faringitis
  • Rinitis alergi
  • Otitis eksterna
  • Gangguan dengar (tuli)
  • Vertigo
  • Tinnitus
  • Trauma wajah
  • Paresis pita suara
  • Gangguan menelan
  • Benda asing di saluran napas
  • Benda asing di saluran cerna
  • Gangguan bicara pada anak

Penyakit yang Bisa Ditangani Dokter THT

Telinga
Dokter THT Bekasi
Telinga
  1. Gangguan keseimbangan
    Gangguan keseimbangan ditandai dengan pasien yang penderita pusing seperti sedang berputar. Gangguan ini disebabkan oleh penyakit Ménière yakni ada terasa penuh dan berdenging. Atau bisa juga disebabkan oleh Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV). Tapi yang paling sering disebabkan karena adanya infeksi di bagian telinga dalam atau labyrinthitis. Dokter THT nantinya akan melakukan beberapa tes. Misalnya pemeriksaan tes darah, tes pendengaran, atau pemeriksaan penunjang lainnya. Tentunya setelah itu Dokter THT akan memberikan pengobatan yang paling sesuai.

Baca juga : USG 4D Bekasi

  1. Gangguan pendengaran atau tuli
    Gangguan pendengaran atau tuli disebabkan karena adanya kelainan sensorineural di telinga bagian dalam, kelainan konduktif di telinga bagian luar atau tengah, atau kombinasi antara keduanya. Ini dapat terjadi karena pengaruh dari faktor usia, kotoran telinga yang menumpuk, mendengar suara keras terlalu lama, atau tumbuh tumor di telinga. Yang pertama akan dokter lakukan adalah membersihkan kotoran telinga. Kalau diperlukan selanjutnya dokter THT akan melakukan operasi seperti pemasangan implan koklea. Jika tidak, dokter THT biasanya akan menyarankan pasien untuk memasang alat bantu dengar.
  1. Infeksi telinga Infeksi telinga dapat terjadi karena ada kuman masuk ke bagian ini. Infeksi ditandai dengan rasa telinga, keluarnya cairan dari telingamu, gangguan pendengaran, atau bahkan tubuh terasa demam. Hal ini karena infeksi dapat terjadi di bagian luar maupun dalam telinga. Kamu tidak perlu khawatir, karena biasanya infeksi telinga termasuk penyakit yang ringan. Dokter THT akan melakukan irigasi telinga serta mengeluarkan cairan dari telinga yang terinfeksi. Coba lakukan pemeriksaan rutin. Kalau belum membaik dalam beberapa waktu, biasanya Dokter THT akan memberikan resep antibiotik untuk kamu.
Hidung
Hidung
Hidung
  1. Alergi : Alergi hanya terjadi pada beberapa orang saja. Karena ini menyangkut sistem kekebalan tubuh manusia. Ada yang alergi terhadap debu, makanan tertentu, jamur, tungau, gigitan serangga, bulu binatang, atau obat-obatan. Alergi ini akan berpengaruh ke bagian hidung kita. Paling tidak, alergi ditandai dengan bersin, hidung gatal, berair dan tersumbat. Jika gejala ini terjadi, dokter spesialis THT dapat membantumu untuk mengatasinya. Kamu akan diberikan obat anti-alergi atau imunoterapi.
  1. Sinusitis : Sinusitis adalah penyakit hidung yang terjadi karena rhinitis alergi, flu, polip hidung, atau kelainan pada bentuk sekat hidung deviasi septum. Dampaknya yaitu terjadi pembengkakan atau peradangan di jaringan rongga sinus. Jika sinusitis terjadi masih dalam kelas ringan, dokter THT akan membersihkan hidung dengan cairan khusus, memberikan obat dekongestan, serta antibiotik. Atau bisa juga kamu diobati menggunakan alat penguap atau vaporizer, dan disarankan untuk melembabkan ruangan. Karena udara yang lembab dapat mendukung penyembuhan sinusitis.
  1. Gangguan penciuman : Penyebab gangguan penciuman polip hidung, cedera di kepala, flu, kerusakan pada saraf penciuman, serta efek samping dari pengobatan tertentu. Pada kondisi ini, kamu akan kehilangan kemampuan untuk mencium aroma di sekitarmu. Tenang saja, untuk kondisi ini dokter spesialis THT akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan penyebabnya.
Tenggorokan
Tenggorokan
Tenggorokan
  1. Radang amandel
    Radang amandel adalah kondisi yang sering dialami oleh manusia, terkait gangguan pada tenggorokan. Gejalanya itu berupa rasa sakit di tenggorokan, kesulitan untuk menelan kanan, amandel berubah warna menjadi merah dan membengkak, ada lapisan berwarna putih atau kekuningan di amandelmu, bau mulut serta demam. Radang amandel ini terjadi karena ada infeksi dari virus atau bakteri.Jika disebabkan oleh virus, dokter THT akan menyarankan kamu untuk merawat diri secara mandiri di rumah. Jika disebabkan bakteri, dokter THT akan memberikanmu antibiotik. Namun jika radang amandel yang kamu rasakan itu sudah cukup parah, dokter THT akan menyarakan kamu untuk melakukan operasi kecil.
  1. Laryngitis
    Laryngitis ditandai dengan perubahan suara menjadi lebih serak, serta ada rasa sakit dan tidak nyaman depan leher. Kondisi ini terjadi karena ada pembengkakan di dinding organ laring. Yaitu kotak suara yang ada di tenggorokan.Hal yang akan dilakukan oleh dokter THT adalah memberikan antibiotik. Selain itu juga akan disarankan untuk melakukan terapi suara mengurangi cedera di laring tersebut. Dan tentu kamu juga akan disarankan untuk sementara membatasi bicara, menghindari debu, asap rokok, kafein, dan minuman beralkohol.
  1. Kanker nasofaring
    Kanker nasofaring adalah penyakit gerakan yang paling parah. Ini dapat terjadi karena kamu terlalu sering merokok, meminum minuman beralkohol, infeksi Epstein-Barr, atau memang ada riwayat kanker pada keluarga. Kanker nasofaring ditandai dengan benjolan di bagian leher dan tenggorokan. Sehingga terasa sakit, sulit untuk menelan makanan, bernapas atau berbicara, dan sering mimisan.

Dokter spesialis THT yang mencurigai kamu mengalami kanker nasofaring, akan memastikan diagnosisnya dengan pemeriksaan lewat CT-Scan, MRI hidung dan tenggorokan, biopsi, dan tes darah. Sama seperti kanker lainnya, kanker nasofaring perlu pengobatan melalui operasi, radioterapi, atau kemoterapi.

Lokasi dan Alamat Dokter THT Bekasi

Lokasi dan Alamat Dokter THT Bekasi terletak di Jl. Mekar Sari, RT.001/RW.010, Bekasi Jaya, Kec. Bekasi Tim., Kota Bks, Jawa Barat 17112. silakan cek Google map di bawah

Jadwal Dokter THT di Rumah Sakit Mekar Sari Bekasi

DOKTERHARIJAM PRAKTEK
dr. Soedjarwadi, Sp. THTSenin, Selasa, Rabu,
Kamis. Sabtu
10.00-11.00

Pengenalan Kota Bekasi

Pengenalan Kota Bekasi
Pengenalan Kota Bekasi

Bekasi merupakan salah satu kota yang terdapat di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Nama Bekasi berasal dari kata bagasasi yang artinya sama dengan candrabaga yang tertulis di dalam Prasasti Tugu era Kerajaan Tarumanegara, yaitu nama sungai yang melewati kota ini. Pada tahun 2021, jumlah penduduk kota Bekasi berjumlah 2.464.719 jiwa.

Kota ini merupakan bagian dari Metropolitan Jabodetabek dan menjadi kota satelit dengan jumlah penduduk terbanyak se-Indonesia. Saat ini Kota Bekasi berkembang menjadi tempat tinggal kaum urban dan sentra industri.

Kota Bekasi memiliki luas wilayah sekitar 210,49 km², dengan batas wilayah Kota Bekasi adalah:

UtaraKabupaten Bekasi
TimurKabupaten Bekasi
SelatanKabupaten Bogor dan Kota Depok
BaratProvinsi DKI Jakarta
Sejarah Bekasi

Dayeuh Sundasembawa atau Jayagiri, itulah sebutan Bekasi tempo dulu sebagai Ibukota Kerajaan Tarumanagara. Luas Kerajaan ini mencakup wilayah Bekasi, Sunda Kelapa (Jakarta), Pasir Awi (Jonggol), Depok, Cibinong, Bogor hingga ke wilayah Sungai Cimanuk Bengawan Timur (Indramayu).

Menurut para ahli sejarah dan fisiologi, letak Dayeuh Sundasembawa atau Jayagiri sebagai Ibukota Tarumanagara adalah di wilayah Bekasi sekarang. Dayeuh Sundasembawa inilah daerah asal Maharaja Tarusbawa (669-723 M) pendiri Kerajaan Sunda dan seterusnya menurunkan Raja-Raja Sunda sampai generasi ke-40 yaitu Ratu Ragumulya (1567-1579 M).

Wilayah Bekasi tercatat sebagai daerah yang banyak memberi informasi tentang keberadaan Tatar Sunda pada masa lampau. Diantaranya dengan ditemukannya 4 prasasti yang dikenal dengan nama Prasasti Kebantenan. Keempat prasasti ini merupakan keputusan dari Sri Baduga Maharaja (Prabu Siliwangi, Jaya Dewa) yang ditulis dalam 5 lembar lempeng tembaga.

Sejak abad ke-5 Masehi pada masa Kerajaan Tarumanagara, abad ke-8 Kerajaan Galuh, dan Kerajaan Pajajaran pada abad ke-14, Bekasi menjadi wilayah kekuasaan karena merupakan salah satu daerah strategis, yakni sebagai penghubung antara Pelabuhan Sunda Kelapa (Jakarta).

Kota Bekasi memiliki 12 kecamatan dan 56 kelurahan. Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 2.409.083 jiwa dengan luas wilayah 206,61 km² dan sebaran penduduk 4.035 jiwa/km².

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Bekasi, adalah sebagai berikut:

Kode
Kemendagri
KecamatanJumlah
Kelurahan
Daftar
Kelurahan
32.75.07Bantar Gebang4BantargebangCiketing UdikCikiwulSumur Batu
32.75.02Bekasi Barat5BintaraBintara JayaJakasampurnaKota BaruKranji
32.75.04Bekasi Selatan5JakamulyaJakasetiaKayuringin JayaMarga JayaPekayon Jaya
32.75.01Bekasi Timur4Aren JayaBekasi JayaDuren JayaMargahayu
32.75.03Bekasi Utara6Harapan BaruHarapan JayaKaliabang TengahMarga MulyaPerwiraTeluk Pucung
32.75.09Jatiasih6JatiasihJatikramatJatiluhurJatimekarJatirasaJatisari
32.75.10Jatisampurna5JatikaryaJatiradenJatiranggaJatiranggonJatisampurna
32.75.06Medan Satria4PejuangMedan SatriaHarapan MulyaKali Baru
32.75.11Mustika Jaya4CimuningMustikajayaMustikasariPedurenan
32.75.08Pondok Gede5JatibeningJatibening BaruJaticempakaJatimakmurJatiwaringin
32.75.12Pondok Melati4JatimelatiJatimurniJatirahayuJatiwarna
32.75.05Rawalumbu4Bojong MentengBojong RawalumbuPengasinanSepanjang Jaya
TOTAL56
Penduduk Bekasi

Berdasarkan sensus tahun 2010, Kecamatan Bekasi Utara merupakan wilayah dengan tingkat kepadatan tertinggi di Kota Bekasi, yakni sebesar 12.237 jiwa/km² dan Kecamatan Bantar Gebang dengan kepadatan 4.310 jiwa/km² menjadi yang terendah.[18]

Sementara pencari kerja di kota ini didominasi oleh tamatan SMA atau sederajat, yakni sekitar 65,6% dari total pencari kerja terdaftar. Sebagai kawasan hunian masyarakat urban, Bekasi banyak membangun kota-kota mandiri, diantaranya Kota Harapan Indah, Kemang Pratama, dan Galaxy City.

Selain itu pengembang Summarecon Agung juga sedang membangun kota mandiri Summarecon Bekasi seluas 240 ha di Kecamatan Bekasi Utara. Seiring dengan meningkatnya jumlah masyarakat kelas menengah keatas, Bekasi juga gencar melakukan pembangunan apartemen dan pusat perbelanjaan mewah.

Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat)
  • Puskesmas Aren Jaya
  • Dokter THT Bekasi
  • Puskesmas Bantar Gebang
  • Puskesmas Bintara
  • Puskesmas Bojong Rawalumbu
  • Puskesmas Jakamulya
  • Puskesmas Jati Asih
  • Puskesmas Jati Bening
  • Puskesmas Jati Luhur
  • Puskesmas Jati Makmur
  • Puskesmas Jati Rahayu
  • Puskesmas Jati Sampurna
  • Puskesmas Jati Warna
  • Puskesmas Kaliabang Tengah
  • Puskesmas Karang Kitri
  • Puskesmas Kota Baru
  • Puskesmas Margajaya
  • Puskesmas Margamulya
  • Puskesmas Mustika Jaya
  • Puskesmas Pejuang
  • Puskesmas Pekayon Jaya
  • Rumah sakit Bekasi
  • Fisioterapi Bekasi
  • USG 4D Bekasi

Jika kebetulan lokasi dan rumah anda di Bekasi silakan kunjungi Dokter THT Bekasi yang kami miliki. Ingat, ketika terjadi keluhan di tubuh anda, segera buat janji dengan dokter  atau kunjungi kami di Rumah Sakit Mekar Sari Bekasi agar mendapatkan penanganan yang tepat untuk segera di tangani.

Sumber : Otolaringologi, Wikipedia

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *