Rumah Sakit Bersalin Bekasi

Rumah Sakit Bersalin Bekasi

Rumah Sakit Bersalin Bekasi

Rumah Sakit Bersalin Bekasi – Rumah sakit yang khusus melayani pemeriksaan ibu hamil, ibu yang akan melahirkan, dan kesehatan anak di bawah usia lima tahun. Contoh: Dalam rangka meningkatkan kesehatan ibu dan anak dibangunlah rumah sakit bersalin di Bekasi

Memilih Rumah Sakit Bersalin yang Paling Cocok untuk Ibu Hamil

Rumah Sakit Bersalin Bekasi Memilih Rumah Sakit Bersalin yang Paling Cocok untuk Ibu Hamil
Rumah Sakit Bersalin Bekasi Memilih Rumah Sakit Bersalin yang Paling Cocok untuk Ibu Hamil

Memilih rumah sakit untuk bersalin bisa dipertimbangkan mulai dari awal kehamilan, Proses melahirkan adalah momen penting bagi ibu hamil. Maka, memilih rumah sakit bersalin juga harus dipersiapkan dengan benar.

Ibu bisa memulai perencanaan kelahiran bahkan sejak awal kehamilan, Neel Shah, MD, asisten profesor kebidanan dan kandungan di Harvard Medical School mengungkapkan bahwa ada banyak faktor yang perlu diperhatikan.

“Meski beberapa asuransi membatasi kita untuk memilih, tapi ada banyak faktor yang harus dipikirkan,” ujarnya.

Hal Dasar yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Rumah Sakit Bersalin

Sebelum masuk ke dalam teknis kesehatan, ada beberapa hal dasar yang sebaiknya ibu dan pasangan pikirkan saat memilih rumah sakit untuk bersalin.

  • Jarak perjalanan dari rumah ke rumah sakit adalah hal penting. Memang jarak tersebut tidak memberikan efek keseluruhan pada proses melahirkan. Akan tetapi, ingat tanda melahirkan bisa muncul secara tiba-tiba sehingga banyak orang yang memilih rumah sakit yang jaraknya dekat.
  • Selain itu, dana melahirkan juga tak kalah penting. ibu harus sesuaikan dana atau asuransi yang dimiliki saat memilih rumah sakit untuk melahirkan.Coba mulai buat daftar rumah sakit yang menerima asuransi yang ibu miliki. Hal ini dapat membantu ibu untuk tidak panik saat waktu melahirkan tiba.
  • Berikutnya, yang perlu ibu pikirkan adalah fasilitas rumah sakit bersalin. Tidak hanya ruangan yang nyaman, tetapi ibu perlu mengecek apakah ada fasilitas untuk kehamilan yang berisiko.

Apalagi jika ibu memiliki riwayat masa lalu yang bermasalah saat melahirkan. Memilih rumah sakit untuk melahirkan jadi langkah penting.

Cari rumah sakit yang dapat mengakomodasi skenario terburuk dalam proses persalinan. Misalnya melihat apakah cadangan darah selalu tercukupi, adakah fasilitas ICU maupun NICU. Meskipun tidak mengharapkan hal tersebut, menyiapkan diri dengan baik adalah hal yang utama dalam proses melahirkan.

Mempertimbangkan Rencana Kelahiran

Setelah mengetahui hal dasar, kini saatnya ibu melihat rencana kelahiran. Artinya, memilih rumah sakit untuk melahirkan juga harus sesuai dengan apa yang ibu inginkan. “Bisa jadi orang menginginkan beberapa hal tapi tidak bisa diakomodir oleh rumah sakit,”

Maka dari itu, lakukan riset yang mendalam agar tidak merasa kaget saat waktu persalinan nanti.ibu mungkin merencanakan beberapa hal untuk persalinan seperti melakukan IMD atau ingin bayi diletakkan satu kamar dengan ibu.

Prinsip dasar yang mungkin ibu miliki harus dicocokkan dulu dengan rumah sakit tersebut. Sebab, banyak ibu yang sekarang punya wishlist saat melahirkan nanti.

Hal lain yang perlu dipikirkan adalah berapa banyak operasi sesar yang dilakukan untuk kehamilan berisiko rendah.

Banyak rumah sakit yang melakukan operasi sesar tidak hanya pada kehamilan yang berisiko tinggi.

Sebuah makalah yang diterbitkan di jurnal Obstetrics and Gynaecology pada 2017 mengungkapkan bahwa ada rumah sakit yang memiliki untuk melakukan operasi sesar ketimbang mengatasi masalah yang sedang terjadi meski masalah tersebut masih dibilang ringan.

Rekomendasi rumah sakit bersalin ibu dan anak

Rumah Sakit Bersalin Bekasi Rekomendasi rumah sakit bersalin ibu dan anak
Rumah Sakit Bersalin Bekasi Rekomendasi rumah sakit bersalin ibu dan anak

Untuk Anda yang tinggal di Jakarta, Bekasi, , dan Sekitarnta, rekomendasi rumah sakit bersalin ibu dan anak untuk persalinan terbaik nanti adalah Rumah Sakit Mekar Sari Bekasi

Fasilitas Rumah Sakit Bersalin Mekar Sari Bekasi

Fasilitas Rumah Sakit Bersalin Mekar Sari Bekasi
Fasilitas Rumah Sakit Bersalin Mekar Sari Bekasi

Kamar Bersalin atau ruang VK adalah sebuah unit layanan pada rumah sakit yang berfungsi sebagai ruang persalinan selama 24 jam. 

  • Kamar Persiapan 

Semua ibu yang masuk kamar bersalin sudah mendapat penyuluhan manajemen laktasi sejak mereka berada di poliklinik asuhan antenatal. Hal lain yang disampaikan meliputi keunggulan ASI, kerugian susu formula, gizi ibu hamil yang menjamin lancarnya produksi ASI, beberapa cara perawatan payudara dan bagaimana caranya menyusui yang benar. 

  • Kamar Persalinan

Kamar persalinan adalah kamar untuk ibu yang sudah dalam kala 1 fase aktif atau kala 2 persalinan.

  • Kamar Pemulihan

Selama dua jam ibu dalam observasi kala 4, ibu akan ditempatkan dalam suatu kamar pulih. Bayi diletakkan di samping ibu atau dalam tempat tidur bayi yang dapat dilihat ibu.

Setelah membahas rumah sakit bersalin di Bekasi, lebih baik kita mengenal kota Bekasi dari sumber wikipedia

Lokasi dan Alamat Fisioterapi Bekasi

Lokasi dan Alamat Fisioterapi Bekasi terletak di Jl. Mekar Sari, RT.001/RW.010, Bekasi Jaya, Kec. Bekasi Tim., Kota Bks, Jawa Barat 17112. silakan cek Google map di bawah

Pengenalan Kota Bekasi

Pengenalan Kota Bekasi
Pengenalan Kota Bekasi

Bekasi merupakan salah satu kota yang terdapat di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Nama Bekasi berasal dari kata bagasasi yang artinya sama dengan candrabaga yang tertulis di dalam Prasasti Tugu era Kerajaan Tarumanegara, yaitu nama sungai yang melewati kota ini. Pada tahun 2021, jumlah penduduk kota Bekasi berjumlah 2.464.719 jiwa.

Kota ini merupakan bagian dari Metropolitan Jabodetabek dan menjadi kota satelit dengan jumlah penduduk terbanyak se-Indonesia. Saat ini Kota Bekasi berkembang menjadi tempat tinggal kaum urban dan sentra industri.

Kota Bekasi memiliki luas wilayah sekitar 210,49 km², dengan batas wilayah Kota Bekasi adalah:

UtaraKabupaten Bekasi
TimurKabupaten Bekasi
SelatanKabupaten Bogor dan Kota Depok
BaratProvinsi DKI Jakarta
Sejarah Bekasi

Dayeuh Sundasembawa atau Jayagiri, itulah sebutan Bekasi tempo dulu sebagai Ibukota Kerajaan Tarumanagara. Luas Kerajaan ini mencakup wilayah Bekasi, Sunda Kelapa (Jakarta), Pasir Awi (Jonggol), Depok, Cibinong, Bogor hingga ke wilayah Sungai Cimanuk Bengawan Timur (Indramayu).

Menurut para ahli sejarah dan fisiologi, letak Dayeuh Sundasembawa atau Jayagiri sebagai Ibukota Tarumanagara adalah di wilayah Bekasi sekarang. Dayeuh Sundasembawa inilah daerah asal Maharaja Tarusbawa (669-723 M) pendiri Kerajaan Sunda dan seterusnya menurunkan Raja-Raja Sunda sampai generasi ke-40 yaitu Ratu Ragumulya (1567-1579 M).

Wilayah Bekasi tercatat sebagai daerah yang banyak memberi informasi tentang keberadaan Tatar Sunda pada masa lampau. Diantaranya dengan ditemukannya 4 prasasti yang dikenal dengan nama Prasasti Kebantenan. Keempat prasasti ini merupakan keputusan dari Sri Baduga Maharaja (Prabu Siliwangi, Jaya Dewa) yang ditulis dalam 5 lembar lempeng tembaga.

Baca juga : Pengertian Rumah Sakit

Sejak abad ke-5 Masehi pada masa Kerajaan Tarumanagara, abad ke-8 Kerajaan Galuh, dan Kerajaan Pajajaran pada abad ke-14, Bekasi menjadi wilayah kekuasaan karena merupakan salah satu daerah strategis, yakni sebagai penghubung antara Pelabuhan Sunda Kelapa (Jakarta).

Kota Bekasi memiliki 12 kecamatan dan 56 kelurahan. Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 2.409.083 jiwa dengan luas wilayah 206,61 km² dan sebaran penduduk 4.035 jiwa/km²

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Bekasi, adalah sebagai berikut:

Kode
Kemendagri
KecamatanJumlah
Kelurahan
Daftar
Kelurahan
32.75.07Bantar Gebang4BantargebangCiketing UdikCikiwulSumur Batu
32.75.02Bekasi Barat5BintaraBintara JayaJakasampurnaKota BaruKranji
32.75.04Bekasi Selatan5JakamulyaJakasetiaKayuringin JayaMarga JayaPekayon Jaya
32.75.01Bekasi Timur4Aren JayaBekasi JayaDuren JayaMargahayu
32.75.03Bekasi Utara6Harapan BaruHarapan JayaKaliabang TengahMarga MulyaPerwiraTeluk Pucung
32.75.09Jatiasih6JatiasihJatikramatJatiluhurJatimekarJatirasaJatisari
32.75.10Jatisampurna5JatikaryaJatiradenJatiranggaJatiranggonJatisampurna
32.75.06Medan Satria4PejuangMedan SatriaHarapan MulyaKali Baru
32.75.11Mustika Jaya4CimuningMustikajayaMustikasariPedurenan
32.75.08Pondok Gede5JatibeningJatibening BaruJaticempakaJatimakmurJatiwaringin
32.75.12Pondok Melati4JatimelatiJatimurniJatirahayuJatiwarna
32.75.05Rawalumbu4Bojong MentengBojong RawalumbuPengasinanSepanjang Jaya
TOTAL56
Penduduk Bekasi

Berdasarkan sensus tahun 2010, Kecamatan Bekasi Utara merupakan wilayah dengan tingkat kepadatan tertinggi di Kota Bekasi, yakni sebesar 12.237 jiwa/km² dan Kecamatan Bantar Gebang dengan kepadatan 4.310 jiwa/km² menjadi yang terendah.[18]

Sementara pencari kerja di kota ini didominasi oleh tamatan SMA atau sederajat, yakni sekitar 65,6% dari total pencari kerja terdaftar. Sebagai kawasan hunian masyarakat urban, Bekasi banyak membangun kota-kota mandiri, diantaranya Kota Harapan Indah, Kemang Pratama, dan Galaxy City.

Selain itu pengembang Summarecon Agung juga sedang membangun kota mandiri Summarecon Bekasi seluas 240 ha di Kecamatan Bekasi Utara. Seiring dengan meningkatnya jumlah masyarakat kelas menengah keatas, Bekasi juga gencar melakukan pembangunan apartemen dan pusat perbelanjaan mewah.

Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat)
  • Puskesmas Aren Jaya
  • Puskesmas Bantar Gebang
  • Puskesmas Bintara
  • Puskesmas Bojong Rawalumbu
  • Puskesmas Jakamulya
  • Puskesmas Jati Asih
  • Puskesmas Jati Bening
  • Puskesmas Jati Luhur
  • Puskesmas Jati Makmur
  • Puskesmas Jati Rahayu
  • Puskesmas Jati Sampurna
  • Puskesmas Jati Warna
  • Puskesmas Kaliabang Tengah
  • Puskesmas Karang Kitri
  • Puskesmas Kota Baru
  • Puskesmas Margajaya
  • Puskesmas Margamulya
  • Puskesmas Mustika Jaya
  • Puskesmas Pejuang
  • Puskesmas Pekayon Jaya
  • Rumah sakit Bekasi

KEY : rumah sakit bersalin, rumah sakit bersalin terdekat, rs bersalin terdekat, melahirkan normal dengan bpjs di rumah sakit, biaya persalinan normal di rumah sakit, biaya melahirkan normal di rumah sakit, biaya persalinan di rumah sakit, persyaratan melahirkan di rumah sakit, rs bersalin, biaya melahirkan di rumah sakit, rumah sakit bersalin terdekat dari lokasi saya, biaya bersalin di rumah sakit, biaya persalinan normal di rumah sakit, melahirkan di rumah sakit, tempat bersalin terdekat, biaya melahirkan di rs, hospital terbaik untuk bersalin, biaya persalinan di rs, pengalaman melahirkan normal dengan bpjs di rumah sakit, biaya melahirkan normal di rumah sakit tanpa bpjs, cara daftar hospital untuk bersalin, rumah sakit melahirkan, rumah sakit bersalin yang menerima bpjs, rumah sakit persalinan, rumah sakit melahirkan terdekat, harga melahirkan normal di rumah sakit, biaya persalinan normal di rs, biaya persalinan rumah sakit, biaya melahirkan di rumah sakit tanpa bpjs, harga persalinan di rumah sakit, hospital swasta terbaik untuk bersalin, biaya melahirkan caesar di rumah sakit, rumah sakit persalinan terdekat, kisaran biaya persalinan normal di rumah sakit, harga bersalin di rumah sakit, biaya persalinan di rumah sakit tanpa bpjs, biaya melahirkan di rumah sakit umum, biaya persalinan normal tanpa bpjs di rumah sakit, melahirkan normal di rumah sakit, biaya melahirkan normal di rs, biaya persalinan normal di rumah sakit tanpa bpjs, harga melahirkan di rumah sakit, perkiraan biaya persalinan normal di rumah sakit, biaya bersalin normal di rumah sakit,

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *